Pengertian Seni Murni Dan Unsur-Unsurnya

seni lukis

Istilah seni tentu sudah gak asing lagi di telinga kamu. Bahkan mungkin kamu pernah  menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Ini sudah menjadi bukti bahwa seni telah menjadi bagian dari hidup kita. Secara umum, seni diartikan sebagai wujud ekspresi yang mengandung unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu sarana atau media nyata serta dapat dirasakan oleh panca indra kita. Mau tau lebih jelasnya?

Apa Arti Dari Seni Murni?

Pasti diantara kamu sering mendengar kata ‘seni’ tapi tau gak asal muasal kata tersebut?

seni lukis

seni lukis

Kata ‘seni’ berasal dari Bahasa Sanksekerta yaitu ‘sani’ yang berarti persembahan, pemujaan, atau pelayanan. Kata tersebut memiliki kaitan erat dengan ritual keagamaan pada zaman dahulu yang juga disebut ‘kesenian’. Padmapuspitha berpendapat lain. Menurutnya kata ‘seni’ berasal dari Bahasa Belanda, yaitu ‘genie’ atau ‘genius’ dalam Bahasa Latin. Baik genie maupun genius memiliki arti kata yang sama, yaitu suatu kemampuan yang sudah ada sejak lahir (bawaan). Sementara itu, menurut kajian ilmu Eropa, ‘art’ diartikan sebagai wujud visual suatu benda atau subjek yang aktif melakukan suatu tindakan tertentu.

seni ukir

seni ukir

Semakin berkembangnya zaman, muncul-lah berbagai pendapat mengenai arti seni dari para ahli. Dari banyaknya definisi seni tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni adalah hasil cipta dan aktifitas yang kemudian diekspresikan dalam wujud karya. Karya-karya tersebut mampu menciptakan rasa ketertarikan siapa saja yang melihat atau mendengarnya. Berdasarkan definisi, seni dapat disebut sebagai segala kegiatan yang dapat menghasilkan karya indah. Menarik bukan?

Adapun definisi seni yang didapat dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut:

  • seni adalah keterampilan atau kemampuan mengolah sesuatu yang sebelumnya tidak bernilai menjadi suatu karya yang indah dan menarik
  • seni adalah ekspresi perasaan dan jiwa yang dirasakan oleh seseorang yang kemudian diungkapkan dalam bentuk rupa, gerak, atau syair.
  • Seni adalah wujud kreatifitas bawaan (alamiah) atau kreatifitas yang diciptakan oleh manusia
  • Seni adalah suatu karya, benda, atau hasil dari kegiatan
  • Seni adalah hasil kebebasan dalam berkarya yang didorong oleh keinginan untuk menciptakan suatu karya dari jiwa
  • Seni adalah jiwa para seniman
  • Seni adalah wujud ekspresi yang diungkapkan dari jiwa
  • Seni adalah istilah yang umum digunakan untuk menyebut semua jenis karya yang dapat menarik hati semua orang yang melihat, mendengar, atau merasakannya.
  • Seni adalah penyampaian sensasi, gagasan, atau perasaan seseorang
  • Seni adalah wujud kekayaan yang bersifat mutlak dan melekat pada tiap individu; kekayaan ini dapat berkembang atau tidak tergantung pada individu bersangkutan apakah ia dapat mengolahnya dengan baik dan menjadikanya sebagai aset yang bernilai.
  • Seni adalah rasa indah yang terdapat dalam jiwa tiap manusia. Rasa indah ini dapat muncul dengan dukungan perantara seperti media komunikasi yang mampu menyampaikan keindahan tersebut dalam bentuk yang bisa ditangkap oleh indra pendengaran, penglihatan, dan gerak.
  • Seni adalah segala hal yang berkaitan dengan cipta atau karya yang diciptakan oleh unsur rasa
  • Seni adalah rasa yang disampaikan dalam bentuk karya yang unik
  • Seni adalah kombinasi dari inspirasi, kemauan, dan karya manusia.

Apa Saja Jenis-Jenis Seni ?

Berdasarkan media yang digunakan, seni terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

seni karya

seni karya

  • seni yang dapat dinikmati via media audio (audio art). Contoh : seni musik, suara suara, puisi, pantun, dan sastra.
  • Seni yang dapat dinikmati secara visual (visual art). Contoh: lukisan, poster, seni bela diri, seni tari, seni teater, seni arsitektur, dll.
  • Seni yang dapat dinikmati baik secara visual maupun audio (audio visual art). Contoh: film, wayang, musik, dll.

Selain ketiga jenis seni di atas, terdapat beberapa jenis seni lainnya, seperti seni rupa, seni sastra, dan seni kriya. Seni rupa terbagi lagi menjadi beberapa jenis, tergantung dari kegunaan dan bentuknya. Dilihat dari aspek manfaat/ kegunaan, seni sastra terdiri dari seni sastra terapan dan seni sastra murni. Seni rupa murni adalah seni yang dibuat secara bebas alias tidak mempertimbangkan unsur kegunaan dari seni tersebut. Contoh: patung, lukisan, dan grafis. Sementara itu, seni terapan adalah seni yang dibuat dengan pertimbangan unsur manfaat. Cabang dari seni terapan cukup banyak. Sebut saja seni lukis, seni kriya, seni patung, seni dekorasi, dan seni reklame.

Kemudian jika dilihat dari aspek bentuk, seni rupa terdiri dari seni 3 dimensi (trimatra) dan seni 2 dimensi (dwimarta). Bagaimana dengan jenis seni yang lain? Apakah terbagi juga seperti seni rupa? Benar sekali, seperti seni sastra yang memiliki beberapa cabang, seperti novel, pantun, puisi, dan teater.

Baca Juga : Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Dilengkapi Dengan Unsur-Unsurnya

Jadi Apa Tujuan Adanya Penerapan Seni?

karya seni makanan

karya seni makanan

Mungkin kamu bingung, mengapa didunia ini harus ada seni, dan apa manfaatnya? Sejak zaman dulu, pada dasarnya manusia sudah mengenal seni. Dan sudah lama sekali seni digunakan sebagai media komunikasi yang diwujudkan dalam bentuk gambar di mana gambar-gambar tersebut mengilustrasikan kehidupan atau kegiatan mereka pada saat itu. Contohnya seperti lukisan-lukisan purba yang terdapat pada dinding-dinding gua. Seni juga telah lama digunakan sebagai sarana pemujaan pada dewa, alam, atau makhluk yang dianggap suci atau keramat. Penerapan seni yang seperti ini adalah bukti nyata bahwa seni memiliki kaitan yang sangat erat dengan unsur magis dalam suatu budaya. Kian berkembangnya zaman menyebabkan penerapan seni juga semakin luas. Hanya saja penerapan seni pada zaman sekarang terasa lebih rasional dan bersifat menghibur.

Baca juga : 10 Budaya Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Prinsip seni dan Unsur Seni

Ternyata tiap cabang seni memiliki prinsip dan unsur yang berbeda lho. Salah satunya karya seni rupa dikatakan baik apabila memenuhi prinsip-prinsip berikut:

  • Kesatuan
  • Keselarasan
  • Penekanan
  • Ritme
  • Gradient
  • Proporsi
  • Harmony
  • Komposisi
  • Keseimbangan
  • Aksentuasi

Sedang untuk unsur-unsur seni rupa, terdiri atas titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan dark light. Bagaimana dengan unsur-unsur penting pada seni tari? Sama seperti seni rupa, seni tari juga memiliki sejumlah unsur yang berperan penting dalam menciptakan keindahan. Unsur-unsur yang dimaksud antara lain: gerakan, iring-iringan, tata rias, kostum, tema, panggung, ide, harmony, dan irama, dan tempat. Kemudian unsur teater terdiri dari skenario, aktor, sutradara, dan properti.

Share Yuk :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *