Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berbicara tentang sejarah, siapa diantara kamu yang tidak memiliki sejarah hidup? Pasalnya, sejarah adalah suatu fakta yang pernah terjadi, selain itu sejarah dikuatkan dengan bukti-bukti otentik yang biasa kamu sebut dengan peninggalan. Sebutan sejarah dalam bahasa Arab yaitu sajaratun, bahasa Yunani menyebutnya istoria artinya belajar, dalam bahasa Inggris disebut history yang artinya sejarah. Sejarah masa lalu mencakup kejadian yang melibatkan banyak orang. Ada pun orang yang berburu peninggalan-peninggalan bersejarah dengan meneliti banyak hal yang bisa dijadikan bukti kuat bahwa masa lalu pernah terjadi sesuatu. Dan orang yang ahli sejarah biasanya disebut sejarawan.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

arti sejarah

arti sejarah

Arti sempit dari sejarah adalah suatu kejadian. Sedangkan menurut arti luas, sejarah adalah suatu peristiwa alami yang terjadi dimasa lampau dengan beberapa bukti otentik seperti dokumentasi, tertulis, lisan, kebudayaan, mitos dan lain-lain. Mungkin diantara kamu ada yang memiliki sejarah hidup yang sangat unik.

Selain itu sejarah sangat berkaitan dengan dokumentasi tertulis yang biasa kamu sebut arsip. Sejarah negara biasanya berkaitan dengan perjuangan-perjuangan para pahlawan atau masa penjajahan yang kamu pelajari di sekolah, namun adapun sejarah peninggalan nenek moyang berupa adat istiadat yang tidak disadari kamu pegang sampai sekarang. Selain itu ada juga sejarah peninggalan masa penjajahan yang terkadang meninggalkan sebuah artefak, tulisan, reklame, sampai meninggalkan situs bersejarah dan melahirkan bermacam-macam kebudayaan di seluruh pelosok Indonesia. Sejarah masa lalu juga terkadang meninggalkan tempat keramat yang hingga sekarang bisa kamu nikmati dan menjadi salah satu tempat pariwisata.

Baca juga : Legenda Dibalik Gunung Tangkuban Perahu

Berikut Adalah Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli :

sejarah mencangkup waktu

sejarah mencangkup waktu

1. Moh. Yamin, SH

Menurut Moh. Yamin, SH mengatakan bahwa sejarah yaitu ilmu yang disusun melalui ases penyelidikan beberapa peristiwa masa lalu dan terbukti benar

2. R.C Collingwood

Menurut R.C Collingwood mengatakan bahwa sejarah adalah pemikiran, penyelidikan dan penelitian.

3. Nourozzaman Shiddiqie

Menurut Nourozzaman Shiddiqie mengatakan bahwa sejarah adalah penyelidikan tentang peristiwa masa lampau yang memberikan suatu informasi berdasarkan fakta, selain itu terdapat interprestasi yang terkandung didalamnya jika melihat hukum sebab akibat. Salah satu contohnya mengenai sejarah R.A Kartini yang menjunjung tinggi emansipasi wanita, salah satu dampak setelahnya wanita di berikan hak untuk menjunjung ilmu setara dengan laki-laki.

4. R. Moh. Ali

Menurut R. Moh. Ali mengatakan bahwa sejarah mencakup 3 aspek yaitu menceritakan tentang perubahan-perubahan yang terjadi dimasa lalu yang mencakup dengan realita.

sejarah zaman dulu

sejarah zaman dulu

5. Sartono Kartodidjo

Menurut Sartono Kartodidjo mengatakan bahwa sejarah dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sejarah sosial, struktural dan sejarah mentalitas.

6. Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu Khaldun mengatakan bahwa sejarah adalah catatan mengenai watak manusia yang mengalami perubahan-perubahan.

7. Hegel

Menurut Hegel mengatakan bahwa sejarah dibagi menjadi 3 bagian yaitu sejarah filsafati, sejarah reflektif dan sejarah asli.

8. Patrick Gardiner

Menurut Patrick Gardiner mengatakan bahwa sejarah adalah ilmu atau penemuan yang telah diperbuat manusia.

9. Roeslan Abdulgani

Menurut Roeslan Abdulgani mengatakan bahwa sejarah adalah salah satu ilmu yang menyelidiki dan meneliti dengan sistematis tentang perkembangan masyarakat dari masa lalu dilengkapi dengan kejadian-kejadian yang bermaksud untuk dinilai dan melengkapi perkiraan-perkiraan dari hasil penelitian tersebut, yang kemudian dirangkum dan dijadikan pedoman untuk masa sekarang serta arahan untuk masa depan.

10. J.V. Bryce

Menurut J.V Bryce mengatakan bahwa sejarah adalah suatu catatan yang telah difikirkan, dan telah dikatakan dan dilakukan masyarakat.

11. W.H. Walsh

Menurut W.H. Walsh mengatakan bahwa sejarah adalah suatu catatan yang sangat penting dimana catatan itu mencangkup tindakan-tindakan dan pengalaman manusia yang telah terjadi sehingga bisa dijadikan cerita yang bisa diambil hikmahnya.

gambaran sejarah indonesia

gambaran sejarah indonesia

Dari beberapa pengertian sejarah menurut para ahli, bisa kita simpulkan bahwa sejarah adalah suatu penelitian dari suatu kejadian masa lalu yang menghasilkan bukti-bukti otentik yang dapat dikaji dan diceritakan pada masyarakat untuk mengenang kejadian-kejadian tertentu.

Sejarahpun akan berkesinambungan dengan berbagai rentetan cerita yang sangat panjang, hal-hal apa sajakah itu?

1. Masa lampau berdasarkan kronologi dengan urutan waktu

2. Ada hubungan sebab-akibat

3. Mendapatkan kebenaran secara subjektif, namun memerlukan penelitian khusus untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki

4. Akan berkesinambungan dengan masa lalu, sekarang dan masa datang.

5. Peristiwa yang abadi dan dikenang sepanjang masa

6. Peristiwa unik dan penting

Baca juga : Sejarah dan Misteri di Balik Lukisan Mona Lisa

 

Share Yuk :

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.