7 Alat Musik Ini Akan Menggugah Jiwa Musisi Kamu

alat musik modern

Kamu penggemar musik? Senang menjadi seorang pemain apa hanya penikmat? Pertanyaan ini condong pada hal yang diminati. Jika kamu memiliki jiwa seni, kamu pasti suka mendengarkan beberapa alunan musik. Entah itu musik klasik atau musik modern dengan genre pop, R&B, mellow, atau mungkin heavy metal.

Tidak disangkal, musisi di Indonesia sangat banyak sekali. Dimulai dari seseorang yang gemar mempelajari alat musik, hingga seseorang yang hanya menyukai saja. Kamu tipe orang yang mana? Jika kamu masih bingung dengan kelebihan kamu, kamu dapat mencoba mempelajari beberapa alat musik modern berikut ini :

1. Gitar

gitar

gitar

Alat musik ini sudah terbilang banyak diminati mulai dari kaum remaja hingga dewasa. Jadi apa enaknya belajar gitar? Kata orang-orang, bermain gitar itu sangat sakit pada kulit jari saat menekan senar. Well, kamu ga usah kuatir akan hal itu. Rasa sakit pada kulit jari sangat lumrah dirasakan oleh orang-orang yang baru belajar gitar. Apa kesananya bakal menghilang? Yap, pasti menghilang. Jadi ga usah kwatir. Semua itu hal biasa.

Jadi apa menariknya gitar? Mengapa banyak orang yang suka dengan alat musik tersebut? Jawabannya sangat sederhana, gitar adalah alat musik yang bentuknya hampir mirip dengan biola, namun gitar memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki 6 senar, cara memainkannya pun bisa dipetik dan bisa digesek. Nah, inilah asiknya mempelajari gitar. Hanya dengan 1 alat musik ini, bisa memainkan berbagai nyanyian bergenre apapun. Mulai mellow hingga heavy metal.

Tidak kalah menariknya, ternyata gitar tidak hanya 1 macam saja, terdapat gitar bass, yang biasa disebut dengan bass saja. Bass memiliki 4 senar, dimana setiap senarnya memiliki diameter yang lebih tebal dibandingkan gitar. Kamu tidak suka dengan bass? Masih ada pilihan lain yaitu gitar elektrik. Biasanya tidak usah memakan banyak tenaga seperti gitar bass. Cukup sedikit gesekan saja, sudah menghasilkan suara.

Selain itu, gitar biasa juga biasanya dibagi beberapa bagian. Jika kamu ke toko alat musik untuk membeli gitar, coba minta gitar yang khusus akustik. Pasti Penjaga tokonya memilihkan gitar yang suaranya lebih murni. Lain halnya dengan gitar untuk gesek-gesek. Namun, hal ini hanya perbedaan selera saja. Jadi, kamu lebih minat bermain gitar yang mana?

2. Keyboard

keyboard

keyboard

Keyboard … Apa yang kamu bayangkan bila mendengar kata keyboard? Ada beberapa orang yang mengira keyboard adalah piano. Hal ini jelas jauh beda, walau cara baca keyboard sama seperti piano. Tapi tetap 2 alat musik ini tidak bisa disamakan. Keyboard adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan, sesuai ketukan dan birama. Jika kamu dapat membaca not balok, kamu pasti bisa bermain keyboard.

Keyboard memiliki kelebihan yang tidak dimiliki dengan piano, contohnya saja dapat membuat segala jenis macam suara mulai dari trompet, suling, streaming, biola, dan lain-lain. Dengan modal alat musik ini, kamu dapat mendapatkan uang lho. Bagaimana caranya? Anda pernah dengar istilah ‘organ tunggal’? Sebutan untuk pemain keyboard yang dapat memberi hiburan berupa lagu-lagu yang ada di keyboard tersebut, terlihat dia seperti cuman memainkan keyboard. Padahal, ada trik khusus.

Baca juga : 10 Musisi Terkenal yang Meninggal Karena Bunuh Diri

3. Drum

drum

drum

Drum adalah alat musik yang terlihat hanya di gebug saja. Pemain drum biasa disebut dengan drumer. Cara memainkan drum terlihat simpel sekali, namun ternyata ketukan 1/32 harus disanggupi oleh para drumer, belum lagi bagian kaki untuk menggebuk bass drum. Jika diteliti bagian gebukan drum sangat banyak contohnya cymbal, tom-tom dan drum. Alat musik ini terbilang berisik, itu sebabnya drum sangat vital disuatu band. Selain dari ketukan drum, akan membawa tempo pada alat musik yang lainnya. Sejarah drum juga terbilang unik, pada zaman dulu drum terbuat dari kulit, sampai akhirnya sekarang bahan drum terbuat dari plastik.

4. Biola

biola

biola

Biola salah satu alat musik yang digesek seperti gitar, tetapi gesekannya tidak menggunakan jari namun dengan tongkat yang biasa disebut bow. Dalam bahasa Indonesia pemain biola biasanya disebut dengan pebiola, adapun sebutan dalam bahasa Inggrisnya yaitu Vionilist. Biola memiliki 4 senar biasanya disebut senar biola. Jika kamu mencari senar biola, harus sesuai kebutuhan lho, karena ternyata senar biola memiliki 3 tipe seperti Steel Core Strings, Synthetic Core Strings dan Gut Strings. Dari 4 senar tersebut di setel hingga menghasilkan suara G-D-A-E dengan nada yang paling rendah yaitu G. Katanya, hanya orang-orang yang kaya saja yang pandai memainkan biola. Namun dengan zaman yang lebih modern ini, siapapun bisa memainkan biola tanpa memandang latar belakang. Asal ada niat, kamu bisa memainkan biola. Harganya pun terbilang cukup murah mulai dari 500.000 hingga yang termahal sekitar 13.000.000 rupiah.

Baca juga : 9 Tarian Adat Bali Yang Paling Populer

5. Trompet

trompet

trompet

Siapa yang tidak tau trompet? Namun tidak banyak orang yang pernah mencoba memainkan terompet. Bahan trompet terdiri dari logam, memiliki 3 tombol dan dimainkan dengan cara ditiup sambil menekan tombol-tombol tersebut. Walaupun hanya 3 tombol, cara memainkannya tidak sembarangan. Perlu pengaturan nafas ketika sedang meniup, ada trik khusus untuk menghasilkan do rendah dan do tinggi dengan trik tiupan agar suara naek ke oktaf yang tinggi. Belajar Trompet bisa terbilang susah-susah gampang, karena kamu harus menghasilkan berbagai nada dengan 3 tombol saja. Adapun peniup trompet yang sudah terkenal bernama Alison Balsom, seorang peniup terompet pertama yang dapat menghasilkan musik klasik dengan trompetnya.

Baca juga : 9 Macam Kesenian Tradisional Khas Sunda

6. Piano

piano

piano

Ini dia alat musik yang banyak disukai orang-orang, kalau kamu perhatikan di luar negeri hampir semua orang bisa memainkan alat musik ini, bahkan hal itu sudah seperti menjadi tradisi. Anehnya, anak-anak diusia 3 tahun sudah dikenalkan oleh alat musik ini. Kenapa ga dikenalkan ke gitar dulu aja ya? Ternyata Piano adalah alat musik tertua yang diciptakan oleh┬áBartolomeo Cristofori pada tahun 1720. Namun saat itu, tuts piano tidak sekeras piano abad 20’an, pengaruhnya segi suarapun tidak sekeras di era abad 20’an. Pada zaman dulu, piano termasuk alat musik yang hanya dapat dimainkan oleh orang-orang bangsawan saja. Dan ternyata alasan ini mengapa orang Barat bisa memainkan Piano. Jika diteliti, tutsnya tidak jauh beda dengan keyboard, hanya saja piano lebih banyak tutsnya. Manfaat piano juga sama dengan keyboard, namun sayangnya piano tidak dapat menghasilkan suara lain selain hasil dari tuts itu sendiri. Walaupun begitu pemain piano tunggal memiliki kesan lebih elegan.

7. Saxophone

saxophone

saxophone

Saxophone termasuk keluarga besar terompet. Bahannya terbuat dari logam, rata-rata dijadikan instrumen orkestra atau digunakan pada aliran musik jazz, dan band militer. Saxophone dibuat pada tahun 1841 dan dipatenkan pada tahun 1846. Alat musik ini memiliki 18 hingga 20 katup lubang dimana katup atas menghasilkan nada tinggi. Cara bermainnya pun hampir sama dengan trompet, bisa dibilang susah-susah gampang. Sayangnya, alat musik ini masih jarang ditemui dan masih terbilang jarang diminati, karena keterbatasan tempat kursus, juga keterbatasan produksi. Jadi, alat musik mana yang kamu minati?

Share Yuk :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *